Kemampuan Umum dan Khusus

sumber: wallpapertip
Kita semua setuju bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki seseorang itu kita sebut dengan kemampuan, setuju ya? Nah, dalam hal ini akan kusampaikan sudut pandang tentang kemampuan umum dan kemampuan khusus.

Kemampuan khusus itu adalah kelebihan spesifik yang dimiliki oleh seseorang. Misalnya adalah ada orang yang jago IT, jago ngomong di depan umum, jago nulis, jago masak, jago melobby, jago nyanyi, dan sebagainya. Kemampuan inilah yang membuat orang tersebut berguna dalam hal-hal yang khusus tersebut. Setiap orang berbeda-beda dalam hal ini, tergantung pendidikan, kegemaran/ hobi, maupun ketertarikannya pada bidang-bidang tertentu itu.

Namun demikian, ada kemampuan umum yang menurutku perlu dimiliki oleh setiap orang. kemampuan ini contohnya adalah kemampuan untuk mengendalikan ucapan, jari, kemampuan bersikap sopan kepada orang lain, kemampuan untuk menunjukkan kepedulian dengan hal-hal di sekitarnya, kemampuan bekerjasama, kemampuan melakukan sedikit basa-basi, dsb. Hal ini gunanya untuk menunjang kemampuan khusus yang dimilikinya. 

Mengapa perlu memiliki kemampuan umum ini? Karena sebagian dari waktu yang kita jalani berhubungan dengan orang lain. Orang cenderung nyaman ketika kita sapa, lingkungan akan lebih lama terlihat bersih ketika kita memungut sampah yang kebetulan jatuh, orang lain cenderung suka bekerja bareng manakala kita menunjukkan raut muka ceria. Meski hal ini mungkin tidak bisa digeneralisir, tapi aku yakin kita paham konteksnya.

Nah, kemampuan umum ini menurutku perlu dimiliki oleh setiap orang, agar kemampuan khusus yang dimilikinya dapat tersalurkan dengan baik, dan orang memiliki kesempatan yang lebih untuk terus meningkatkan kapasitasnya. 

Salam,
Agus Tri Yuniawan